fbpx

7 Rekomendasi Feng Shui Rumah Yang Bikin Kamu Hoki Seumur Hidup

7 Rekomendasi Feng Shui Rumah Yang Bikin Kamu Hoki Seumur Hidup

Jika kamu hendak membeli rumah baru, ada baiknya kamu mempertimbangakan Feng shui yang tepat, karena feng shui bisa memberikan keseimbangan energi positif di dalam rumah, sehingga mendatangkan berbagai manfaat dan memberikan hoki bagi penghuninya. Dilansir situs Wikipedia, feng shui adalah praktik Tiongkok Kuno dalam menata benda untuk mendorong keselarasan dengan alam. 

Dalam praktik feng shui rumah, keseimbangan yang tepat mampu menciptakan ruang yang terorganisir sehingga dapat membawa kesejahteraan kebahagiaan hidup bagi penghuninya. Hal ini yang akan menentukan semangat penghuni rumah untuk mencari rezeki. 

Baca juga: Bagaimana Posisi Kamar Mandi dan Dapur Menurut Feng Shui?

7 Rekomendasi Feng Shui Rumah

Meskipun pada umumnya feng shui memiliki arti pada setiap elemennya, namun dalam hal pemilihan feng Shui yang penerapannya. Karena saat ingin menerapkan aturan feng shui di rumahmu harus disesuaikan dengan beberapa faktor seperti: arah rumah, tahun lahir penghuni, kebutuhan sang penghuni rumah dan lain sebagainya.

Nah, dalam hal keberuntungan kami telah menyediakan rekomendasi feng shui yang bikin kamu hoki seumur hidup. Simak sampai selesai ulasannya.

1. Halaman Rumah dan Pintu Utama Yang Rapi

Dalam ilmu feng shui, pintu masuk rumah melambangkan bagaimana segala bentuk energi memasuki rumah dan kehidupan. Oleh karena itu, menciptakan feng shui yang baik dapat dimulai dengan memperhatikan area pintu masuk rumah.

Langkah pertama adalah merapikan area halaman dan pintu. Jagalah kebersihan area ini, dengan rutin membersihkan barang-barang yang menumpuk, sapu sampah yang berserakan, dan pastikan pencahayaan yang masuk rumahmu cukup. Pintu masuk rumah yang tertata rapi dan bersih akan mengundang energi positif ke dalam hunian. Sebaliknya untuk pintu rumah dan area depan yang tampak lusuh akan mengundang energi negatif masuk ke dalam rumahmu.

2. Pintu Rumah Yang Kokoh dan Berfungsi Dengan Baik

Dalam filosofi feng shui, pintu melambangkan suara, komunikasi, dan peluang. Pintu merupakan salah satu komponen penting dalam rumah yang dipercaya sebagai gerbang masuk bagi berbagai peluang dan kesempatan bagi penghuni. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan seluruh pintu di rumah kamu.

Untuk memastikan aliran energi positif ke dalam rumahmu, pastikan semua pintu di rumah dapat terbuka dengan sempurna idealnya membentuk sudut 90 derajat. Pintu yang tidak dapat terbuka sepenuhnya atau terhalang oleh benda lain akan membatasi peluang dan kesempatan yang datang kepada kamu.

Periksa pula seluruh pintu agar berfungsi dengan baik dan benar. Pastikan tidak ada pintu yang susah dibuka atau engselnya berdecit. Detail-detail kecil ini dapat mempengaruhi aliran energi yang masuk ke dalam rumah dan kehidupan kamu. Berikut beberapa tips tambahan untuk meningkatkan energi positif melalui pintu:

  • Jaga kebersihan pintu dan area di sekitarnya.
  • Gunakan warna-warna yang cerah dan energik pada pintu.
  • Letakkan tanaman atau dekorasi yang membawa energi positif di dekat pintu.
  • Hindari menempatkan benda-benda yang menghalangi pintu.

Dengan memperhatikan dan merawat pintu-pintu di rumahmu, kamu dapat membuka peluang dan kesempatan baru untuk mengalir ke dalam kehidupanmu.

Baca juga: Waktu Yang Baik Untuk Renovasi Rumah Menurut Primbon Jawa Beserta Penjelasannya

3. Jendela Rumah Yang Besar Dan Bersih

Jendela merupakan salah satu elemen penting dalam feng shui karena menjadi jalur masuknya energi positif (Qi) ke dalam rumah. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan posisi, ukuran, dan kondisi jendela agar dapat memaksimalkan aliran energi positif.

Berdasarkan posisi, hindari menempatkan jendela yang berhadapan langsung dengan pintu utama. Hal ini dipercaya dapat menyebabkan energi positif keluar dari rumah. Posisi terbaik untuk jendela adalah di sisi samping atau belakang rumah.

Kamu bisa menyesuaikan Ukuran jendela juga perlu diperhatikan. Jendela yang terlalu kecil akan membatasi masuknya energi positif ke dalam rumah. Pilihlah jendela dengan ukuran yang proporsional dengan ruangan agar dapat mengoptimalkan aliran energi.

Pastikan jendela selalu bersih dan terawat, karena menurut feng shui, jendela yang kotor dan kusam akan menghambat aliran energi positif. Selain itu, perhatikan juga kondisi engsel dan kunci jendela agar berfungsi dengan baik. Kamu bisa menggunakan tirai atau gorden yang tipis dan berwarna terang agar tidak menghalangi cahaya matahari masuk ke dalam rumah. Letakkan tanaman atau dekorasi yang membawa energi positif di dekat jendela. Bukalah jendela secara teratur untuk ventilasi dan pertukaran udara segar.

4. Perhatikan Tata Letak Perabotan

Dengan memperhatikan Feng Shui dalam penempatan perabotan rumah, kamu dapat meningkatkan aliran energi positif dan membawa manfaat bagi kesehatan, kemakmuran, dan kebahagiaan penghuninya. Berikut beberapa aturan feng shui yang bisa kamu terapkan untuk menata perabotan di rumahmu:

a. Posisi Tempat Tidur

  • Hindari posisi tempat tidur yang berhadapan langsung dengan pintu.
  • Posisikan tempat tidur di tempat yang strategis, seperti di diagonal dari pintu.
  • Hindari posisi tempat tidur di bawah jendela.
  • Gunakan headboard yang kokoh untuk memberikan rasa aman dan nyaman.

b. Posisi Sofa

  • Posisikan sofa di area yang menguntungkan, seperti di seberang pintu masuk.
  • Hindari posisi sofa yang membelakangi pintu.
  • Susun sofa dengan bentuk U untuk menciptakan suasana yang hangat dan akrab.

c. Posisi Kompor dan Wastafel di Dapur

  • Hindari posisi kompor dan wastafel yang berhadapan langsung.
  • Posisikan kompor di sektor selatan dan wastafel di sektor timur.
  • Gunakan cermin untuk memantulkan energi positif dari kompor.

d. Posisi Meja Makan

  • Posisikan meja makan di tempat yang terang dan terawat.
  • Hindari posisi meja makan di bawah tangga.
  • Gunakan bentuk meja bundar atau oval untuk menciptakan suasana yang harmonis.

e. Posisi TV

  • Hindari posisi TV di kamar tidur.
  • Posisikan TV di ruang keluarga dan jauhkan dari tempat duduk.
  • Gunakan lemari TV yang kokoh untuk menyimpan peralatan elektronik.

Baca juga: 7 Prinsip Tata Ruang Rumah yang Harmonis Menurut Feng Shui

5. Ciptakan Ruang Terbuka dan Tanaman didalam rumah

Ruang terbuka memungkinkan cahaya alami dan udara segar masuk ke dalam rumah, yang membawa energi positif. Energi positif ini dipercaya dapat membawa hoki bagi penghuninya. Ruang terbuka membantu menciptakan keseimbangan dan harmoni di dalam rumah. Keseimbangan dan harmoni ini penting untuk menciptakan suasana yang tenang dan damai.

Smentara itu, tanaman mewakilkan elemen alam yang akan memberi kesegaran dan kenyamanan di rumahmu, kamu bisa mulai menata tanaman hias di setiap sudut ruangan. Sebagai sentuhan terakhir, kamu bisa menambahkan essential oil atau bisa juga diffuser aromatik untuk membuat ruangan dirumahmy semakin nyaman. Kamu bisa mencari referensi tentang tanaman hias indoor di artikel yang satu ini.

6. Ruangan Rumah Yang Bersih

Ruangan yang bersih akan menjadi wadah yang tepat untuk menyimpan energi positif di rumahmu. Kamu bisa rutin membersihkan ruangan di rumahmu, dengan begitu kamu bisa merasa nyaman tinggal didalamnya. Kamu akan terhindar dari stress hingga fokus dan bahagia dalam bekerja.

Setiap membersihkan rumah, kamu wajib membuka jendela rumah agar terjadinya sirkulasi udara yang baik. Hal ini juga bisa mengurangi debu yang terdapat di dalam rumah. Usahakan rumahmu tidak menumpuk sampah secara berlebihan, agar tidak menghalangi energi positif yang masuk ke dalam rumahmu.

7. Tentukan Warna Cat yang Seimbang

Menurut feng shui, setiap rumah memiliki elemen dominan yang berdasarkan tahun pembangunannya. Kenali elemen rumah kamu untuk mengetahui warna yang cocok dan seimbang. Oleh karena itu sebaiknya kamu menemukan padu padan yang tepat untuk elemen rumah yang telah ditetapkan oleh ahli feng shui, adapun panduan mengenai warna elemen rumah sebagai berikut:

a. Cari tahu warna elemen rumah kamu

  • Elemen Api: Merah, jingga, ungu, dan pink.
  • Elemen Bumi: Kuning, coklat, dan krem.
  • Elemen Logam: Putih, perak, dan emas.
  • Elemen Air: Biru, hitam, dan abu-abu.
  • Elemen Kayu: Hijau, biru muda, dan coklat muda.

Baca juga: 5 Rekomendasi Warna Cat Pagar Tembok Tahun 2024 Yang Bisa Menjadi Inspirasi Mempercantik Rumahmu

b. Memilih Warna Cat yang Sesuai dengan Elemen

Gunakan warna yang seimbang dengan elemen rumah kamu. Contohnya, jika rumahmu memiliki elemen api, kamu dapat menggunakan warna biru atau hijau untuk menyeimbangkannya. Hindari menggunakan warna yang berlawanan dengan elemen rumah kamu. Contohnya, jika rumahmu memiliki elemen air, hindari menggunakan warna merah atau jingga.

c. Memperhatikan Warna untuk Setiap Ruangan

Kamu bisa memilih warna yang hangat dan ramah seperti merah, jingga, atau kuning pada ruangan tamu. Untuk kamar tidurmu, kamu bisa memilih warna yang tenang dan damai seperti biru, hijau, atau lavender.

Pada bagian dapur rumah, kamu bisa mengaplikasikan warna yang merangsang nafsu makan seperti merah, jingga, atau kuning.

Dan untuk daerah kamar mandi kamu bisa menggunakan warna yang bersih dan segar seperti putih, biru, atau hijau.

d. Menambahkan Warna Aksen

Kamu bisa menggunakan warna aksen untuk menambah dimensi dan karakter pada ruangan. Gunakan warna yang kontras dengan warna cat utama untuk menciptakan efek yang menarik.

Itu dia berbagai feng shui rumah yang kami rangkum khusus untukmu. Artikel ini dapat menjadi pedoman dalam penerapan feng shui rumah untuk menata dan mendekorasi hunian yang nyaman. Dan juga akan mendatangkan hoki seumur hidup!

Nah! Sudah tahu kan prinsip-prinsip dasar Feng Shui. dengan panduan artikel ini kamu dapat membuat rumah kamu menjadi terasa lebih nyaman dan harmonis. Jika kamu tertarik dengan rumah bergaya Jepang modern, kamu dapat berkunjung ke klaster Kyoto Perumahan Permata Botanical. Di sana tersedia banyak unit rumah dengan konsep Jepang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh Bantuan? Chat