fbpx

Bagaimana Posisi Kamar Mandi dan Dapur Menurut Feng Shui?

Bagaimana Posisi Kamar Mandi dan Dapur Menurut Feng Shui?

Dalam ilmu feng shui, kamar mandi dan dapur merupakan dua ruangan yang penting. Kamar mandi mewakili elemen air, sedangkan dapur mewakili elemen api. Kedua elemen ini saling berlawanan, sehingga penting untuk menempatkannya dengan posisi yang tepat. Lalu, bagaimana posisi kamar mandi dan dapur yang baik menurut feng shui, temukan jawaban pada penjelasan di artikel ini ya!

baca juga: 7 Prinsip Tata Ruang Rumah yang Harmonis Menurut Feng Shui

Posisi Kamar Mandi Menurut Feng Shui

Dalam penjelasan sebelumnya, kamar mandi mewakili elemen air yang berarti elemen vital untuk seluruh makhluk hidup yang ada di bumi. Berikut adalah beberapa tips untuk menempatkan kamar mandi menurut feng shui:

1. Letakkan kamar mandi di sudut rumah

Penempatan ini membantu mengisolasi ruangan tersebut dari bagian lain rumah, memastikan aliran energi yang positif tetap terjaga di dalam lingkungan rumah. Dengan demikian, keseimbangan energi dapat diperoleh, memberikan pengaruh positif pada kesejahteraan penghuni.

2. Jangan letakkan kamar mandi di tengah rumah

Menempatkan kamar mandi di tengah rumah sebaiknya dihindari. Pasalnya, posisi tersebut dapat menghambat aliran energi positif secara keseluruhan, yang pada gilirannya dapat mengganggu kesejahteraan dan harmoni di rumah.

3. Jangan letakkan kamar mandi di depan pintu masuk rumah

Menghindari penempatan kamar mandi di depan pintu masuk rumah merupakan prinsip feng shui yang penting. Hal ini bertujuan untuk mencegah pembuangan energi positif yang masuk ke dalam rumah melalui pintu utama, sehingga energi tersebut dapat tetap berputar di dalam rumah.

4. Jangan letakkan kamar mandi di atas kamar tidur

Penempatan kamar mandi di atas kamar tidur sebaiknya dihindari. Ini karena posisi ini dapat menciptakan gangguan tidur dan menciptakan ketidaknyamanan bagi penghuni rumah. Menjaga keseimbangan dan kenyamanan dalam ruang tidur sangat penting dalam feng shui.

5. Jangan letakkan kamar mandi di bawah ruang tamu

Hindari penempatan kamar mandi di bawah ruang tamu untuk mencegah terjadinya kekosongan energi di dalam rumah. Dengan menjaga struktur energi yang seimbang, penghuni rumah dapat merasakan kesejahteraan yang lebih baik.

baca juga: Jangan Sampai Salah! Berikut 7 Feng Shui Rumah Yang Bikin Hoki

Posisi Dapur Menurut Feng Shui

Menurut Feng shui, dapur adalah tempat yang mampu mengalirkan energi positif untuk memberi kesehatan, kebahagiaan, dan juga kesejahteraan bagi para penghuni rumah. Oleh sebab itu, kamu bisa menerapkan tips berikut untuk pengaturan posisi dapur di rumah mu;

1. Jangan letakkan dapur di depan pintu masuk rumah

Menghindari penempatan dapur di depan pintu masuk rumah merupakan langkah strategis untuk memastikan bahwa energi positif dapat mengalir masuk ke rumah tanpa hambatan. Dapur yang terletak jauh dari pintu utama dapat mendukung arus energi yang sehat dan harmonis di dalam rumah.

2. Jangan letakkan dapur di sebelah kamar tidur

Tidak menempatkan dapur di sebelah kamar tidur adalah keputusan yang tepat dalam menciptakan ruang yang nyaman dan damai. Ini membantu menghindari potensi gangguan tidur akibat kebisingan atau aktivitas dapur yang mungkin mengganggu ketenangan di kamar tidur. Menurut feng shui alasan tidak disarankannya kamar tidur di sebelah dapur adalah karena dapat mempengaruhi kesehatan penghuni rumah. Hal itu dikarenakan energi api dari kompor di dapur dapat menyebabkan masalah hati, seperti mudah dan lain sebagainya. Hal ini tentu saja dapat mempengaruhi kesehatan Anda.

3. Jangan letakkan dapur di bawah ruang tamu

Menjauhkan dapur dari posisi di bawah ruang tamu juga merupakan prinsip feng shui yang penting. Penempatan dapur di bawah ruang tamu dapat menciptakan kekosongan energi yang dapat mempengaruhi keseimbangan di seluruh rumah. Dengan cara ini, dapur dapat menjadi sumber energi positif tanpa mengorbankan kestabilan di area lain.

Nah, setelah membaca tips – tips diatas, kamu sudah mengetahui apa saja yang harus kamu lakukan untuk mengatur posisi kamar mandi dan dapur rumahmu yang baik menurut feng shui. Agar kamu akan mengetahui dapat menciptakan dapur yang lebih seimbang dan mendukung terbentuknya energi positif di rumah dan tentunya akan mendatangkan kebaikan, dan kesejahteraan untuk para penghuni rumah.

Agar rumah kamu mudah didesain interior yang mengikuti anjuran feng shui, ada baiknya kamu memilih rumah yang luas dan mewah. Salah satu perumahan mewah yang ada di Solo adalah Permata Botanical. perumahan ini terdiri atas beberapa koridor seperti Kyoto yang berkonsep Jepang, St. Moritz yang mengusung perumahan konsep mondern kontemporer, Casablanca yang bernuansa kolonial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh Bantuan? Chat