fbpx

Yuk! Cari Tahu Ukuran Ideal Kloset Duduk Yang Bikin Nyaman

Cari Tahu Ukuran Ideal Kloset Duduk Yang Bikin Nyaman!

Kloset duduk memang menjadi pilihan favorit bagi banyak orang, hal ini dikarenakan kloset duduk lebih praktis dan bersih dibandingkan kloset jongkok. Oleh karena itu jika kamu berencana memasang kloset duduk di rumah barumu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah mengetahui ukuran kloset duduk yang ideal.

Ukuran kloset yang ideal memainkan peran penting dalam memastikan kenyamanan dan kesehatan Anda. Kloset yang terlalu kecil atau besar dapat menyebabkan rasa yang tidak nyaman bagi pengguna. Pada artikel ini kami sudah merangkum beberapa hal penting terkait ukuran ideal kloset duduk.

Baca juga: Bagaimana Posisi Kamar Mandi dan Dapur Menurut Feng Shui?

Berapa Ukuran Kloset Duduk yang Ideal?

Jika kita berbicara terkait ukuran ideal sebuah kloset duduk, tentu saja hal ini sangat variatif. Hal ini didasarkan dari berbagai faktor, namun umumnya ukuran kloset yang ideal ditentukan dengan panjang, lebar, dan tinggi. Berikut detail kisaran ukuran yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber:

  • Panjang: 60 – 70 cm
  • Lebar: 36 – 39 cm
  • Tinggi: 40 – 50 cm

Nah terdapat  untuk faktor yang perlu kamu perhatikan selanjutnya adalah sebagai berikut:

1. Luas Kamar Mandi

Pilihlah kloset duduk dengan ukuran yang sesuai dengan luas kamar mandi Anda. Jika kamar mandi Anda kecil, pilihlah kloset duduk dengan ukuran yang lebih kecil. Salah satu merk kloset duduk yang bisa kamu gunakan untuk kamar mandi yang luas adalah TOTO CW421J, selain ukurannya yang relatif besar kloset duduk ini memiliki desain yang modern dan elegan dengan fitur flush yang hemat air.

Untuk ruangan yang kecil kamu bisa menggunakan merk Kohler Veil, kohler adalah merk kloset duduk ternama dari Amerika Serikat yang terkenal dengan desainnya yang mewah. Bentuk nya yang simpel dan relatif kecil sehingga muat untuk ukuran toilet yang tidak terlalu luas.

2. Tinggi Pengguna

Pertimbangkan tinggi badan pengguna kloset duduk. Jika pengguna kloset duduk bertubuh tinggi, pilihlah kloset duduk dengan tinggi yang lebih tinggi. Kloset duduk dengan tinggi yang lebih tinggi akan memberikan kenyamanan bagi pengguna bertubuh tinggi karena kaki mereka tidak akan menggantung saat duduk. Tinggi kloset duduk yang ideal untuk pengguna bertubuh tinggi adalah sekitar 45-50 cm. Untuk detail panduan, kamu bisa lihat tabel berikut:

 

Tinggi Badan (cm)Tinggi Dudukan Kloset

Ideal (cm)

Panjang Kloset

Ideal (cm)

Lebar Kloset

Ideal (cm)

150 – 16038 – 4055 – 6034 – 36
160 – 17040 – 4260 – 6536 – 38
170 – 18042 – 4465 – 7038 – 40
180 – 19044 – 4670 – 7540 – 42
> 19046 – 4875 – 8042 – 44

Sebagai tambahan, kamu juga bisa mempertimbangkan jarak antara kloset duduk dengan dinding dan pintu. Pastikan ada ruang yang cukup bagi pengguna untuk duduk dan berdiri dengan nyaman. Kamu juga bisa mencoba duduk di kloset duduk sebelum membelinya untuk memastikan kenyamanannya.

Baca juga: 5 Rekomendasi Warna Cat Pagar Tembok Tahun 2024 Yang Bisa Menjadi Inspirasi Mempercantik Rumahmu

3. Model Kloset Duduk

Cara selanjutnya adalah kamu memilih model kloset duduk yang nyaman menurutmu, karena beberapa model kloset duduk memiliki fitur tambahan, seperti bidet, dudukan yang dapat dihangatkan, dan flush hemat air. Pilihlah kloset dengan fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Ada berbagai model kloset duduk yang tersedia di pasaran, seperti kloset duduk monoblok, duoblok, dan wall-hung. Pilihlah model kloset duduk yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda.

Jika kamu menginginkan rumah dengan kloset dan kamar mandi yang nyaman, ada baiknya kamu berkunjung ke perumahan Permata Botanical. Perumahan ini terletak di kawasan Solo Raya. Kamu dapat memilih ruma mewah di Solo mulai dari tipe Kolonial hingga Jepang modern.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh Bantuan? Chat