fbpx

Jangan Sampai Salah! Berikut 3 Langkah Utama Dalam Memilih Ukuran Granit yang Tepat untuk Rumahmu

Jangan Sampai Salah! Berikut 3 Langkah Utama Dalam Memilih Ukuran Granit yang Tepat untuk Rumahmu

Memilih granit untuk mempercantik rumah merupakan pilihan yang tepat. Granit menawarkan keindahan alami yang tak lekang oleh waktu, ketahanan yang luar biasa, dan kemudahan perawatan yang membuatnya ideal untuk berbagai area di rumah Anda. 

Namun, memilih ukuran granit yang tepat sering kali menjadi dilema. Ukuran yang tidak sesuai dapat mengganggu estetika dan fungsionalitas ruangan. Granit yang terlalu kecil dapat membuat ruangan terasa sempit dan ramai, sedangkan granit yang terlalu besar dapat mengurangi nilai estetika ruangan kamu dan juga akan menyisakan potongan tak terpakai yang lebih banyak. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Warna Cat Pagar Tembok Tahun 2024 Yang Bisa Menjadi Inspirasi Mempercantik Rumahmu

Memilih Ukuran Granit yang Tepat

Pemilihan ukuran granit yang ideal tentunya banyak memberikan manfaat, baik dari segi estetika, fungsionalitas, keamanan dan juga biaya yang dikeluarkan. Oleh karena itu pentingnya untuk membuat perencanaan yang tepat sebelum salah membeli granit yang akan kamu pakai dirumahmu.

Khusus untukmu, kami telah menyiapkan 5 Panduan Lengkap Memilih Ukuran Granit yang Tepat untuk Rumahmu:

1. Pertimbangkan Luas Ruangan

Hal yang pertama kali harus diperhatikan dalam memilih ukuran granit adalah memperhatikan luas ruangan yang akan di pasang lantai granit. Hal ini bertujuan untuk menghitung perbandingan antara luar ruangan dan ukuran granit yang dibutuhkan. Sebagai contoh:

a. Pemasangan Granit Di Ruangan Kecil

  • Pada ruangan kecil kamu bisa menggunakan granit ukuran 30×60 cm atau 40×40 cm untuk membantu menciptakan ilusi ruang yang lebih luas.
  • Untuk pilihan motif, kamu bisa memilih granit dengan motif kecil dan warna terang untuk memperkuat efek luas. 
  • Hal yang perlu kamu dihindari adalah, menghindari granit dengan motif besar atau warna gelap karena dapat membuat ruangan terasa lebih sempit.

b. Pemasangan Granit di Ruangan Besar

  • Menggunakan granit dengan ukuran 60×60 cm atau 120×60 cm memberikan kesan mewah dan elegan.
  • Dengan pengaplikasian lantai granit dengan motif besar dan warna berani dapat menjadi focal point ruangan.
  • Untuk menciptakan suasana yang lebih terang dan terbuka, kamu bisa menggunakan granit dengan warna terang.

Baca juga: 7 Rekomendasi Keramik Estetik Yang Sering Digunakan

2. Perhatikan Tata Letak Ruangan

Secara fungsionalitas, tata letak ruangan bisa menjadi pertimbangan kamu dalam memilih granit untuk ruangan di rumahmu.

a. Ruangan memiliki banyak furniture

maka kamu bisa memilih jenis granit dengan kecil (30×60 cm atau 40×40 cm). Hal ini akan membantu menghindari kesan ramai dan sesak. Granit dengan motif kecil dan warna netral juga dapat membantu ruangan terasa lebih luas. Kamu juga bisa menghindari granit dengan motif besar dan warna yang mencolok karena dapat membuat ruangan terasa lebih sempit dan penuh.

b. Ruangan terbuka

Pilihlah granit dengan ukuran besar (60×60 cm atau 120×60 cm). Ukuran granit yang besar membantu menyatukan ruangan dan menciptakan aliran yang lebih baik. Granit dengan motif besar dan warna berani dapat menjadi focal point ruangan dan menambahkan sentuhan modern dan stylish. Anda juga dapat menggunakan granit dengan warna terang untuk menciptakan suasana yang lebih terang dan terbuka.

3. Sesuaikan dengan Kebutuhan Fungsional

Ukuran granit yang tepat dapat meningkatkan kegunaan dan kenyamanan ruangan. Berikut beberapa panduan berdasarkan kebutuhan fungsional:

a. Meja Dapur

Meskipun secara umum granit bisa difungsikan sebagai bahan untuk melapisi meja dapur, namun kamu tetap perlu memperhatikan ukuran yang dipakai. Berikut kamu bisa mengikuti beberapa panduan tentang memilih ukuran granit meja dapur:

  • Ukuran ideal adalah 120×60 cm. Ukuran ini memberikan ruang yang cukup untuk bekerja dan menyiapkan makanan dengan nyaman.
  • Pilihlah granit dengan ketahanan panas dan noda yang tinggi untuk kemudahan perawatan.
  • Pertimbangkan granit dengan permukaan yang halus untuk memudahkan pembersihan.

b. Dinding

Berdasarkan fungsi granit tidak hanya diaplikasikan sebagai lantai, tetapi juga bisa digunakan sebagai dinding, nah berikut adalah panduan untuk ukuran granit yang tepat untuk dinding rumahmu:

  • Gunakan granit ukuran besar seperti 60×120 cm atau 40×80 cm untuk efek dramatis dan menawan.
  • Granit dengan motif dan warna yang berani dapat menjadi focal point ruangan.
  • Pilihlah granit dengan ketahanan air yang tinggi untuk area basah seperti backsplash dapur atau kamar mandi.

Nah, sebagai tambahan tips kamu juga bisa konsultasikan dengan ahli desain interior atau toko granit untuk mendapatkan saran terbaik tentang ukuran dan jenis granit yang tepat untuk kebutuhanmu. 

Kalau kamu sedang mencari rumah mewah di sekitar Solo, ada baiknya kamu berkunjung ke perumahan Syailendra Private Residence. Di perumahan tersebut, tersedia unit rumah dengan ukuran bangunan mulai dari 160 meter persegi. Dengan rumah seluas itu, tentu saja aspek-aspek estetik dan kenyamanan sangat diperhatikan oleh developer perumahan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh Bantuan? Chat