fbpx

Atap Bocor Bikin Panik! Yuk Cari Tahu Cara Mengatasi Atap Rumah Yang Sering Bocor

Cara mengatasi atap bocor

Memasuki musim penghujan, resiko masalah atap bocor menjadi lebih tinggi, dan ini tentu dapat menimbulkan ketidaknyamanan yang signifikan bagi penghuni rumah. Kebocoran atap bukan hanya sekadar mengganggu kesejahteraan, tetapi juga membawa risiko kerusakan serius pada berbagai bagian rumah. Terkadang, setelah melakukan perbaikan, kebocoran masih bisa muncul kembali, meninggalkan perasaan kebingungan dan frustasi. Namun, langkah-langkah yang tepat dalam mengatasi atap rumah yang bocor dapat mengurangi risiko ini. Yuk! Cari tahu lebih lanjut cara mengatasi masalah atap rumah yang sering bocor.

Baca juga: 6 Panduan Lengkap Cara Jual Rumah dengan Cepat dan Efektif Agar Cepat Laku

Kenali Jenis Atap Rumahmu

Mudahnya orang akan berkesimpulan kalau atap bocor disebabkan karena adanya jarak pada masing – masing atap sehingga membuat celah untuk masuknya air hujan kedalam rumah. Tapi itu biasanya terjadi pada jenis atap jenis satuan, perlu diketahui atap rumah memiliki 2 model yakni atap satuan yang pada pengaplikasiannya akan disusun satu persatu di atas rumah dan atap meteran yang diukur per keping panjang pada saat pemasangannya. Keduanya bisa direkatkan menggunakan paku atap yang setelah di pasangkan harus di silent untuk menutup robekan pada atap yang menjadi penyebab atap rumah bocor.

Cari Tahu Titik Rawan Bocor Atap

Setelah mengetahui jenis atap yang digunakan, kita harus mencari tahu dimana saja titik rawan bocor sesuai dengan jenis atap yang digunakan. Pada atap jenis genting titik rawan bocor yang biasa terdapat pada bagian nok atau bagian atas pegangan genting. Pada bagian ini biasanya tukang akan melakukan perlekatan dengan menggunakan semen, nah biasanya kebocoran terjadi karena adanya keretakan di lapisan semen tersebut.

 

Titik rawan bocor selanjutnya adalah terdapat genting yang pecah apabila genting dari tanah liat. Pada kasus lain bila genting terbuat dari material spandek, biasanya ada bekas sobekan paku yang ditancapkan ke bagian rangka atap. Bekas ini bisa jadi karena lupa di sealant atau juga sealant renggang karena pemuaian selama musim kemarau.

Selanjutnya adalah talang air. Seiring dengan bergantinya musim posisi talang air seringkali bergeser, sehingga sambungan antarbangunan ini memiliki jarak sebagai masuknya air hujan kedalam rumah.

Solusinya; Jika jarak masih ringan, cobalah memakai serat kain untuk merekatkan bagian yang bercelah dan direkatkan dengan cat anti bocor. Namun jika jarak bukaan pada talang ke dinding lumayan lebar, Kamu bisa menggunakan tambalan berupa  serat kain dengan cat anti air.

 

Baca juga: Jangan Sampai Salah! Berikut 7 Feng Shui Rumah Yang Bikin Hoki

 

Lalu apa saja cara yang bisa dilakukan saat atap rumah bocor? Berikut penjelasannya:

1. Perbaiki Atap Yang Rusak

Seperti penjelasan diatas, mintalah tukang untuk memperbaiki kerusakan yang ada pada atap rumah Kamu. Mintalah tukang mengecek terlebih dahulu, efektifnya minta tukang untuk masuk ke dalam loteng untuk melihat retakan kecil yang berpotensi menjadi penyebab atap rumah bocor. Bisa gunakan serat dan cat anti bocor atau juga gunakan lakban atap anti bocor untuk retakan di bagian permukaan datar atap

2. Melakukan Perawatan Pada Talang Air

Membersihkan talang air secara berkala bisa menjadi sebuat mencegah terjadinya atap rumah bocor saat musim hujan tiba. Terlebih jika lingkungan rumahmu ditumbuhi oleh pohon besar yang daun keringnya berpotensi menyumbat talang air sehingga air hujan yang terkumpul tertampung menambah beban pada talang air dan dapat berpotensi menimbulkan jarak pada kedua bagian bangunan yang terhubung dengan talang air.

3. Lapisi Atap Dengan Cat Anti Air

Melapisi bagian atap yang bocor juga menjadi penanganan awal yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan kebocoran di atap rumah. Namun, ada yang yang bisa menjadi pertimbangan kita, ternyata terdapat beberapa opsi cat yang bisa digunakan untuk melapisi daerah bocor sesuai dengan material atap yang digunakan, contohnya;

  • Cat Anti Air Mengandung Anti Karat

Pada jenis atap yang rentan berkarat seperti seng, baja dan jenis atap lainnya. Jenis cat anti karat lebih dipercaya ampuh untuk mengatasi kebocoran di atap pada saat musim hujan tiba. Apabila selama ini Kamu masih mengalami masalah kebocoran atap yang masih berlanjut, segera cari tahu jenis material atap rumah yang kamu gunakan bisa jadi atap rumah Kamu memerlukan jenis cat yang mengandung zat anti karat ini. Salah satu contoh cat pelapis anti bocor untuk bahan berkarat adalah Flintkote undercover agent 007. 

  • Cat Anti Bocor Umum

Cat jenis ini bisa digunakan untuk material beton, kayu dan atap lain yang merupakan bukan material yang berpotensi mengalami pengaratan. Salah satu contoh brand yang populer adalah Aquaproff. 

4. Perhatikan Kusen Rumah

Sering ke skip, ternyata penggunaan kusen yang tidak sesuai ukuran dapat mengakibatkan kebocoran dan air merembes melalui celah pada pintu dan jendela ketika hujan. Oleh karena itu, sebaiknya pastikan untuk memilih kusen yang memiliki dimensi yang sesuai agar dapat menghindari terjadinya celah yang memungkinkan air merembes.

Setelah mengetahui beberapa faktor penyebab atap bocor saat musim hujan, Kamu bisa langsung mengaplikasikan solusi yang diberikan untuk merawat atap rumah yang bocor. Jangan lupa juga untuk melakukan perawatan pada atap rumah dan beberapa bagian pada rumah yang berpotensi menimbulkan kebocoran atau rembesan di rumah Kamu saat musim hujan tiba.

 

Untuk meminimalkan atap bocor, sebaikya kamu pilih rumah yang berkualitas premium. Salah satu pilihan yang bisa kamu pertimbangkan adalah Residence 8 yang berlokasi di sekitar Solo Raya. Yuk! segera hubungi sales kami untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh Bantuan? Chat