fbpx

6 Panduan Lengkap Cara Jual Rumah dengan Cepat dan Efektif Agar Cepat Laku

6 panduan cara jual rumah agar cepat laku

Salah satu alasan orang menjual rumah adalah karena butuh uang. Oleh karena itu,  Kamu mungkin ingin tahu mengenai cara jual rumah agar cepat laku. Tapi tahukah kamu dalam proses penjualan rumah kita membutuhkan strategi yang tepat agar rumah tersebut cepat terjual tanpa harus menurunkan harga terlalu dalam.

Baca juga: Biaya-Biaya Jual Beli Rumah di Indonesia: Panduan Lengkap untuk Calon Pemilik Rumah

Jual Rumah Harus Pakai Strategi

Saat kita menjual rumah ada strategi yang bisa digunakan untuk mempercepat proses penjualan rumah kita. Pasalnya jika kita tidak menggunakan cara yang tepat untuk jual rumah maka kita akan mengalami kerugian. Ini dapat terjadi karena ambisi untuk jual rumah agar cepat laku malah mengeluarkan biaya iklan yang tidak efektif, atau malah tenaga yang diforsir, atau harga rumah yang diturunkan terlalu jauh. 

Dalam dunia properti yang kompetitif, pemilik rumah perlu memiliki rencana yang efektif untuk menjual properti mereka dengan cepat. Berikut adalah panduan lengkap yang perlu Kamu lakukan saat menjual rumah agar cepat laku: 

1. Lakukan Riset Untuk Menentukan Harga yang Kompetitif

Sebelum menentukan harga rumah, ada baiknya kamu melakukan riset harga tanah dan rumah di sekitar kamu. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan seperti mencari tahu harga rumah dan tanah di lingkungan rumah kamu dengan cara bertanya langsung kepada pemilik rumah, melalui agen properti, atau dapat juga melalui aplikasi jual-beli properti. Jika kamu tidak dapat melakukan itu, kamu dapat menaksir harga rumah melalui NJOP yang ada di slip PBB propertimu. 

Jika kamu sudah memiliki pembanding harga, maka kamu dapat menentukan harga yang kompetitif untuk rumahmu.

2. Lakukan Renovasi Ringan Rumah Agar Menarik

Langkah berikutnya agar rumah kamu mudah terjual adalah melakukan renovasi ringan untuk memperbagus visual rumah, hal ini dapat menjadi faktor penentu minat pembeli. Karena saat kamu menjual rumah tentunya calon pembeli akan melakukan survey lokasi, saat keadaan rumah dinilai dalam keadaan yang masih baik maka akan memungkinkan minat calon pembeli lebih tinggi. Kamu bisa melakukan perbaikan kecil, seperti pengecatan ulang atau perawatan taman, dapat meningkatkan nilai kecantikan rumah. Perbaikan ini akan menarik perhatian lebih banyak calon pembeli ketika melihat keadaan rumah yang bagus.

3. Manfaatkan Platform Digital

Untuk menambah jangkauan penjualan, kamu bisa melakukan pemasaran online melalui media sosial, situs jual beli online, dan website properti. Ada banyak fitur yang bisa kamu gunakan ketika kamu berjualan di platform digital. kamu juga bisa memanfaatkan fitur iklan dalam membangun kampanye pemasaran digital, kamu bisa menambahkan kalimat seperti “Jual Rumah Cepat Karena Butuh Uang”, “Dijual Cepat! Rumah Cluster” di bagian judul pada penawaran kamu untuk mencapai audiens yang relevan.

Baca juga: Mengenal SHM dan Cara Membuatnya

4. Lakukan Kerja Sama dengan Agen Properti Profesional

Jika dirasa cara yang kamu gunakan belum mendapatkan hasil, kamu bisa bekerja sama dengan agen properti berpengalaman. Hal ini dapat memberikan keuntungan besar untuk proses penjualan rumah kamu menjadi lebih cepat laku. Biasanya para agen properti memiliki pengetahuan pasar yang mendalam dan jaringan yang luas sehingga mudah untuk terintegrasi dalam promosi bersama program yang agen buat.

Agen properti juga memiliki banyak database pelanggan, sehingga memungkinkan rumah kamu untuk pelanggan agen tersebut dan masuk ke dalam purchase list para pelanggan.

5. Jual Rumah Ke Bank

Jika masih menemukan kendala dalam penjualan, kamu dapat mencoba menjual rumah tersebut ke bank. Beberapa langkah menjual rumah ke bank adalah menghubungi bank yang bersangkutan, ajukan penawaran resmi, periksa legalitas, negosiasi hingga sampai proses akhir yaitu takeover dari pihak bank. 

6. Nego Yang Fleksible

Strategi terakhir agar rumah kamu cepat dibeli adalah negosiasi yang fleksibel.  Alih – alih mau cuan besar, tapi karena kamu terlalu kaku untuk hal nego, bisa – bisa nanti calon pembeli akan pergi dan mencari opsi lain. Karena tidak bisa dipungkiri saat seorang calon pembeli ingin membeli rumah, mereka pasti sudah memiliki beberapa list rumah yang menjadi opsi kriteria mereka. Pertimbangkan penawaran pembeli dengan bijak mendukung proses negosiasi dengan pembeli potensial. Maka dari itu saat kamu sedang menentukan harga, rincikan sebaik mungkin agar tidak boncos, ya!

Itulah beberapa strategi yang perlu dilakukan agar penjualan rumah kamu berhasil. Dengan mengikuti panduan ini, kamu dapat mempercepat proses penjualan rumah kamu tanpa mengorbankan nilai properti. 

Nah bagi kamu yang berminat untuk mencari hunian mewah dan elit di Solo Raya, coba kunjungi Perumahan Permata Botanical. Di Perumahan ini kamu dapat menemukan berbagai macam tipe rumah mulai dari gaya Jakarta kolonial hingga Jepang modern. Cek sekarang dan jangan sampai ke skip, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh Bantuan? Chat