fbpx

Mau Punya Taman Indoor ? Berikut 7 Rekomendasi Tanaman Indoor Yang Mudah Dirawat Serta Tips Perawatannya

Rekomendasi tanaman indoor

Hiasi Rumah Kamu dengan Taman Mini Indoor

Bagi kamu yang sedang mencari inspirasi untuk kebutuhan interior rumah, tak ada salahnya jika mempertimbangkan tanaman indoor. Poin penting membuat taman mini di dalam rumah salah satunya adalah kemudahan merawat. Pasalnya, diperlukan penyiraman rutin, pencahayaan matahari terbatas, dan lain sebagainya. 

 

Hal lain juga yang perlu diperhatikan adalah penempatan dan desain yang dapat memberikan kenyamanan dan mengurangi stress pemilik rumah. Keindahan taman indoor tentu dapat membuat pemilik rumah betah dan rela melepas lelah di rumah. 

 

Baca juga: Jangan Salah Langkah. Yuk! Pahami Panduan Lengkap Pajak Jual Beli Rumah Tahun 2024

Berikut adalah rekomendasi tanaman indoor yang  mudah dirawat dan cocok mempercantik taman mini kamu:

1. Tanaman Sansevieria (Lidah Mertua)

Tanaman Sansevieria, atau yang sering disebut Lidah Mertua, merupakan pilihan ideal untuk pemula. Tanaman ini dikenal dengan keunikan daunnya yang tegak, mirip dengan lidah mertua. Sansevieria tahan terhadap berbagai kondisi tumbuh dan hanya memerlukan sedikit perawatan. Panduan perawatannya yang sederhana membuat tanaman ini cocok untuk tumbuh di dalam ruangan.

2. Tanaman Pothos (Epipremnum aureum)

Pothos, atau pothos emas, adalah tanaman hias indoor lain yang sangat mudah dirawat. Tersedia dalam berbagai variasi, tanaman ini dapat bertahan dalam kondisi cahaya rendah dan membutuhkan penyiraman yang jarang. Pothos juga dikenal sebagai penjernih udara alami, menjadikannya pilihan sempurna untuk kesehatan dan kebersihan udara di dalam rumah.

3. Tanaman ZZ (Zamioculcas zamiifolia)

Tanaman ZZ terkenal dengan daya adaptasinya yang tinggi. Meskipun tahan terhadap kondisi tumbuh yang kurang ideal, tanaman ini tetap tampil indah. Panduan perawatannya yang sederhana membuat ZZ menjadi salah satu pilihan terbaik untuk kebun dalam ruangan yang mudah dirawat.

4. Tanaman Spider Plant (Chlorophytum comosum)

Dikenal dengan nama tanaman laba-laba, Spider Plant adalah tanaman hias indoor yang populer karena keindahan daunnya yang panjang dan ramping. Tanaman ini cocok untuk pemula karena memerlukan sedikit perawatan. Selain itu, Spider Plant juga membantu membersihkan udara dari polutan.

5. Tanaman Snake Plant (Sansevieria trifasciata)

Tanaman Ular Sanca, atau Snake Plant, tidak hanya menarik secara visual tetapi juga sangat tahan terhadap berbagai kondisi pertumbuhan. Dengan tips perawatan yang sederhana, tanaman ini dapat menjadi pilihan utama bagi mereka yang mencari tanaman hias indoor yang mudah dirawat dan memiliki manfaat kesehatan.

Baca juga: 6 Panduan Lengkap Cara Jual Rumah dengan Cepat dan Efektif Agar Cepat Laku

6. Tanaman Pilea (Pilea peperomioides)

Dikenal sebagai tanaman pancake, Pilea memiliki karakteristik khas yang membuatnya menonjol dalam desain interior. Meskipun tidak memerlukan perawatan khusus, Pilea memberikan sentuhan unik pada kebun dalam ruangan.

7. Tanaman Peace Lily (Spathiphyllum spp)

Lili Damai, atau Peace Lily, dikenal karena kecantikan dan kemurniannya. Dengan panduan perawatan praktis, tanaman ini tidak hanya mempercantik ruangan tetapi juga membantu meningkatkan kelembaban udara di dalam rumah.

Tips Umum dalam Merawat Tanaman Hias Indoor

Beberapa hal yang perlu rutin kamu lakukan agar tanaman indoor kamu dapat tumbuh baik:

  • Penyiraman yang tepat: Atur jadwal penyiraman sesuai kebutuhan tanaman.
  • Pemilihan media tanam: Gunakan campuran tanah yang sesuai untuk setiap jenis tanaman.
  • Paparan cahaya: Tempatkan tanaman sesuai dengan kebutuhan cahaya masing-masing.
  • Pemupukan yang benar: Berikan pupuk dengan bijak sesuai petunjuk.

 

Dengan banyaknya pilihan tanaman hias indoor yang mudah dirawat, siapa pun dapat menikmati keindahan kebun dalam ruangan tanpa perlu memiliki keahlian khusus. Pilihlah tanaman yang sesuai dengan gaya hidup dan lingkungan Anda untuk menciptakan atmosfer yang menyegarkan di dalam rumah.

Bagikan pengalaman Anda dalam merawat tanaman hias indoor dan temukan tanaman favorit Anda yang cocok dengan preferensi dan ruang hidup Anda. Semakin banyak variasi tanaman, semakin indah kebun dalam ruangan Anda akan menjadi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh Bantuan? Chat