fbpx

6 Rekomendasi Jenis Pohon untuk Taman Depan Rumah Yang Bikin Adem dan Akarnya Tidak Merusak Lantai

6 Rekomendasi Jenis Pohon untuk  Taman Depan Rumah Yang Bikin Adem dan Akarnya Tidak Merusak Lantai

Ketika kita memiliki lahan kosong di depan rumah, biasanya kita akan mengalokasikan untuk space taman. Taman juga bisa menjadi spot favorit untuk bersantai sembari menikmati udara terbuka. Sebenarnya banyak sekali rekomendasi tanaman yang bisa di tanam di taman kita. Tetapi tanpa menghilangkan nilai estetik sebuah tatanan taman rumah, kamu juga bisa menanam pepohonan yang bisa menambah kesegaran udara yang masuk kedalam rumah. Untuk pemilihan tanaman pohon kamu harus lebih selektif lagi, hal ini dikarenakan ada beberapa tanaman yang akarnya bisa merusak lantai rumah yang mengakibatkan permukaan lantai menjadi pecah

Baca juga: Mau Punya Taman Indoor ? Berikut 7 Rekomendasi Tanaman Indoor Yang Mudah Dirawat Serta Tips Perawatannya

Kenali Jenis Pohon Yang Aman Untuk Ditanam di Taman

Sebelum membeli pohon untuk ditanam di taman depan rumah. Sebaiknya kamu melakukan riset dulu mengenai jenis pohon yang cocok. Karena terdapat beberapa jenis pohon yang sebaiknya dihindari ditanam dekat dengan rumah karena dapat menyebabkan kerusakan pada lantai atau pun dinding rumah, contohnya pohon oak dan pohon willow. Jenis akar pohon adalah salah satu poin pertimbangan yang bisa kamu ketahui, seperti jenis kedalaman pertumbuhan akar dan jenis akar itu sendiri. Secara umum akar tumbuhan terbagi menjadi akar tunggal dan akar serabut, dan secara garis besar pohon yang berakar tunggang berpotensi besar merusak rumah jika ditanam dengan jarak dekat. Tapi juga bisa dilihat dari jarak kedalaman pertumbuhan akar pohon ya.

Rekomendasi Pohon untuk Taman Depan Rumah 

Nah bagi kamu yang ingin mencari apa saja jenis pohon untuk taman depan rumah, kami akan memberikan rekomendasi pohon yang bisa bikin adem tanpa harus khawatir akan merusak dinding dan lantai rumah.

1. Pohon Mangga

Pohon yang buahnya menjadi favorit semua orang yang satu ini adalah opsi pertama yang bisa kamu tanam untuk taman di rumah. Selain manfaat dari buahnya, pertumbuhan akar pohon mangga juga dangkal sehingga aman untuk ditanam.

2. Pohon Kiara payung

Pohon ini banyak dijumpai di sepanjang pinggir jalan dan ruang terbuka hijau (RTH) karena digunakan sebagai peneduh. Pohon  kiara payung memiliki daun yang lebat berwarna hijau tua. Pohon ini  tumbuh setinggi lebih dari 5 meter  dan memiliki batang yang kuat sehingga mampu menahan angin kencang. Anda bisa menanam Chiara Payung  di dekat rumah karena memiliki banyak manfaat. Pohon ini tidak hanya memberikan keteduhan dan perlindungan dari terik matahari, tetapi juga mengurangi karbon monoksida (CO). Sangat bermanfaat bukan?

3. Pohon Flamboyan

Seperti halnya  pohon mangga, pohon ini terkenal dengan bunganya yang indah berwarna merah cerah. Selain memberi kesan cantik pada rumah kamu, pohon flamboyan juga tidak akan merusak pondasi rumah Anda. hal itu dikarenakan akar pohon yang mencolok cenderung tumbuh dangkal di permukaan tanah dibandingkan menembus jauh ke dalam tanah. Mereka mengembangkan akar serabut yang lebih kecil dan  lemah dibandingkan jenis akar tunggang yang kuat.

Baca juga: Jangan Sampai Salah! Berikut 7 Feng Shui Rumah Yang Bikin Hoki

4. Bunga Bougainvillea (Bunga Kertas)

Siapa yang tidak familiar dengan kecantikan bunga bugenvil atau bunga kertas ini. Bunga ini memiliki nama ilmiah Bougainvillea sp ini banyak diminati, tentunya karena memiliki warna – warna cantik sehingga memberi kesan mewah untuk rumah kamu. Disamping itu, bunga bugenvil ini mudah untuk dirawat dan tentunya kan memberikan kesejukan untuk taman depan rumah anda. 

Namun hal yang terpenting adalah meskipun akar bunga bugenvil adalah akar tunggang, perkembangan akarnya relatif dangkal sehingga aman untuk di tanam di taman depan rumah. 

5. Pohon Tabebuya

Memiliki warna daun yang kontras, pohon tabebuya (terminalia catappa), juga dikenal sebagai pohon badam India. Masuk ke dalam kategori jenis tanaman tropis, pohon tabebuya ternyata adalah terdapat pada bagian akar yang kuat dan mampu menyerap air dengan baik. Nah, untuk kamu yang tinggal di daerah cenderung basah dan sering terkena hujan, pohon tabebuya bisa menjadi opsi pohon yang bisa di tanam di taman depan rumah. Selain itu, akar pohon yang cenderung tumbuh mendatar dibandingkan ke dalam tanah, sehingga tidak akan merusak bangunan rumah Kamu. Fakta menarik lainnya adalah, akar pohon Tabebuya juga bisa  membantu mengurangi erosi tanah. Hal ini berguna untuk mencegah permasalahan erosi di taman kamu. Taman rumah kamu tidak hanya akan menjadi lebih indah, tetapi tanah di taman uga akan terawat.

6. Pohon Palem

Pohon palem sering kita lihat tumbuh di daerah gersang seperti di daerah Timur Tengah. Dengan batang yang tinggi menjulang, pohon ini mampu mengalirkan sirkulasi udara ke dalam rumah. Selain itu, pohon Palem juga mempunyai kemampuan menyerap polutan sangat baik. Sangat cocok sekali untuk ditanam, terlebih jika rumahmu berada di pinggir jalan utama. Pohon palem aman ditanam di taman depan rumah karena memiliki akar serabut yang sangat aman untuk ditanam di depan rumah.

Demikianlah penjelasan terkait 6 Rekomendasi Jenis Pohon untuk  Taman Depan Rumah Yang Bikin Adem dan Akarnya Tidak Merusak Lantai. Silahkan dicoba ya!

Untuk kamu yang sedang survei rumah, mungkin kamu bisa menyambangi perumahan Syailendra Private Residence. Unit di perumahan ini didesain dengan konsep rumah villa bernuansa jawa modern. Lingkungan perumahannya diciptakan dengan mengutamanak privasi dan kenyamanan bagi para penghuni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Butuh Bantuan? Chat