fbpx

Apa Itu Wall Panel? Berikut 5 Rekomendasi Wall Panel Terbaik

https://id.pinterest.com/pin/883409283150092464/

Apa Itu Wall Panel

Wall panel menjadi perbincangan yang populer dalam dunia desain interior. Hal ini tidak mengherankan, karena panel ini menawarkan banyak manfaat, mulai dari estetika, menjaga stabilitas suhu pada ruangan dan juga berfungsi menutupi kerusakan pada dinding rumah. Wall panel tersedia dalam berbagai warna, desain, dan tekstur yang menarik. Hal ini memungkinkan Anda untuk memilih panel yang sesuai dengan gaya dan selera Anda. Anda dapat menggunakan wall panel untuk menciptakan berbagai macam tampilan, mulai dari modern dan minimalis hingga klasik dan elegan.

Baca Juga : Wall Moulding : Sentuhan Elegan Untuk Dinding Rumahmu

5 Jenis Wall Panel yang Paling Sering Digunakan

Seiring waktu semenjak kemunculan wall panel pertama, hingga saat ini wall panel menawarkan jenis yang berbagai macam. Berbagai pilihan motif juga tersedia dengan harga yang beragam, artikel ini akan membantumu menentukan wall panel yang sesuai dengan selera desainmu. Yuk baca ulasan lengkapnya!

1. Wall Panel PVC ( Polyvinyl Chloride)

https://id.pinterest.com/pin/775182154633466506/

Wall panel jenis ini adalah jenis yang paling populer di kalangan milenial dan juga bisa menjadi pilihan yang tepat jika kamu memiliki budget yang terbatas. Pasalnya wall panel dengan material ini memiliki motif yang bermacam – macam dan juga harga yang sangat terjangkau serta instalasi yang mudah. Adapun motif dari wall panel jenis PVC ini adalah motif kayu, wall panel bertekstur dan banyak lagi jenis lainnya.

Kelebihan yang kamu dapatkan dari wall panel jenis ini adalah, tahan air, tahan minyak dan mudah dibersihkan. Sehingga aman untuk dinding kamar mandi, dapur, maupun area yang rawan terkena basah. Semntara itu kekurangannya adalah mudah terbakar dan patah jika instalasi tidak dilakukan dengan cara yang profesional. Namun kamu jangan khawatir ya, kekurangan ini bisa disiasati dengan mencari tukang yang profesional.

2. Wall Panel Jenis GRC

Seperti yang kita tau, jenis panel dinding ini yang terbuat dari campuran beton dan fiber kaca disebut GRC (Glass Reinforced Concrete). Salah satu keunggulan penggunaan material GRC untuk dinding adalah ketahanannya yang tak tertandingi. Selain itu, GRC juga merupakan pilihan yang lebih aman karena tidak mudah terbakar atau meledak jika terkena panas. Wall Panel dinding GRC juga menstabilkan panas dan meredam suara, sehingga cocok untuk menjaga privasi rumahmu. Desain yang terbatas dan juga biaya yang sedikit pricy menjadi kekurangan dari wall panel jenis ini.

Baca Juga : 5 Inspirasi Jenis Dinding Populer untuk Rumah Minimalis Terpopuler!

3. Wall Panel HPL (High Pressure Laminated)

https://id.pinterest.com/pin/3870349673732567/

Wall Panel dinding HPL (high pressure laminasi) diproduksi menggunakan proses bertekanan tinggi atau bertekanan rendah, namun perbedaan utamanya adalah tekanan pengepresannya. Panel HPL terdiri dari lapisan selulosa yang dicampur resin, yang kemudian dipadatkan pada suhu dan tekanan tinggi. Kelebihan dari wall panel jenis ini adalah anti gores, anti bentur mudah dibersihkan serta anti sinar UV, secara desain masih beragam. Namun wall panel jenis ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai desain tampilan mewah dan elegan. 

4. Wall Panel Kayu

https://id.pinterest.com/pin/210121138856049051/

Wall panel jenis kayu akan memberikan kesan yang natural dan hangat untuk rumahmu. Selain itu, bahan kayu memiliki daya tahan yang kuat dan mampu untuk meredam suara. Namun yang bisa menjadi pertimbangan untukmu adalah harga wall panel berbahan dasar kayu dibanderol dengan harga yang relatif mahal, untuk perawatan pun kamu harus lebih telaten agar terhindar dari serangan rayap karena lembab. Kamu bisa memberikan alas plitur ataupun anti rayap pada wall panel rumahmu.

Baca Juga : 6 Inspirasi Desain Interior 2024: Wujudkan Rumah Impianmu Sekarang!

5. Wall Panel MDF (Medium Density Fiberboard)

https://id.pinterest.com/pin/1337074887500404/

MDF atau medium Density Fibreboard merupakan panel dinding yang bentuknya seperti ubin keramik biasa yang memiliki lapisan melamin di atas permukaannya. MDF sangat cocok digunakan di dalam ruangan pada kafe, dapur, toilet, bathtub, dan juga ruangan lainnya. Pasalnya material jenis ini sudah anti air dan minyak dengan intensitas paparan yang sedikit. Permukaan yang halus dan rata pada material ini memudahkan untuk dihias dan di berikan cat. Sehingga memudahkan pengguna untuk mendekorasi dinding dengan wall panel jenis ini. Dari berat, material ini lebih berat daripada wall panel jenis kayu.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk menggunakan wall panel di dinding rumahmu? Semoga artikel ini membantu ya!

Oh iya, sebelum mendapatkan wall panel yang sesuai dengan seleramu jangan lupa pertimbangkan budget ya!

Nah, bagi kamu yang ingin mendapatkan hunian dengan kualitas dinding yang bagus dengan fasilitas dan akses yang lengkap. Perumahan permata botanical adalah solusi yang tepat untukmu! silahkan klik link untuk mendapatkan katalog beserta info lengkapnya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp untuk terhubung dengan Sales Kami